Seleksi Masuk ITB 2013

Akhir-akhir ini muncul banyak pemberitaan yang unik dan menarik terkait sistem penerimaan mahasiswa baru di ITB untuk angkatan 2013.

 

komentar unik itu diantaranya :

“katanya masuknya cuma pake nilai UN ya ?”

“tahun ini ada jalur undangan nggak sih ?”

“katanya biaya masuk ITB jadi makin mahal ya ?”

“seleksinya double ya ? pake nilai rapot dan nilai tes ?”

dan komentar-komentar unik lainnya 🙂

 

Secara umum, sebenarnya pada sosialisasi SNMPTN 2013 yang dilaksanakan pada bulan Desember 2012 lalu, Mirdriany Syafila, Direktur Pendidikan ITB, Selaku anggota tim Ad Hoc sala kepanitiaan PMB Nasional, menjelaskan bahwa sistem penerimaan mahasiswa baru tahun 2013 akan terdiri dari tiga jalur, yaitu :

1. SNMPTN

2. SBMPTN

3. Seleksi Mandiri PTN

 

Coba kita bahas satu per satu ya 🙂

1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 memiliki sistem yang hampir sama dengan SNMPTN Undangan tahun 2012, hanya saja ada beberapa persyaratan tambahan, diantaranya adalah nilai rapor yang digunakan adalah nilai rapor semester 1-5. Sedangkan untuk program study seni dan olahraga diperlukan entry hasil karya dan presentasi yang diadakan oleh sekolah. Biaya pendaftaran untuk SNMPTN 2013 juga akan digratiskan, hal ini karena pemerintah sudah menyediakan anggaran untuk subsidi biaya pendaftaran peserta.

 

2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 merupakan seleksi ujian tulis yang dilakukan serentak oleh seluruh PTN di Indonesia. Jalur ini serupa dengan SNMPTN tulis pada tahun 2012. Peserta yang mendaftar melalui jalur ini akan dikenakan biaya pendaftaran yang akan diumumkan kemudian.

 

3. Seleksi Mandiri PTN

Dari namanya saja kita sudah bisa langsung mengetahui bahwa segala hal yang berkaitan dengan pendaftaran, bentuk tes (seleksi), biaya pendaftaran, dll adalah murni menjadi milik masing-masing PTN. Seleksi mandiri ini dilaksanakan pada periode yang paling akhir dari jalur penerimaan mahasiswa tahun 2013.

 

Nah .. secara umum saya ingin menyampaikan saran kepada teman2 SMA kelas 12, yaitu jangan langsung berharap untuk masuk PTN melalui jalur Seleksi Mandiri PTN. Pertama, dalam sejarahnya biaya masuk PTN melalui jalur Seleksi Mandiri itu selalu lebih mahal dari jalur lainnya (dalam hal ini SNMPTN dan SBMPTN). Kedua, kuota yang tersedia biasanya akan sangat sedikit, atau sudah jauh lebih sedikit dibanding kuota penerimaan dari jalur sebelumnya (dalam hal ini SNMPTN dan SBMPTN). Ketiga, alangkah baiknya teman-teman ingat lagi tentang “berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudaian.”. dalam hal ini, saya ingin sedikit membahas tentang ketenangan hati. Bayangkan jika sampai bulan Juni nanti teman-teman masih belum mendapat kepastian “nanti gw kuliah dimana ?”. hal itu pasti cukup menyiksa dan membebani fikiran teman-teman. disatu sisi teman-teman dituntut untuk bersiap dalam menghadapi berbagai tes, disisi lain fikiran teman-teman terbebani dengan hal tsb. Serius .. cape dah kalo teman-teman ada dalam kondisi itu.

 

Maka mari berjuang untuk bisa masuk PTN dengan jalur tercepat, jalur SNMPTN atau jalur SBMPTN ^^

 

Seleksi Masuk ITB

Pada kesempatan yang sama, Mindry menjelaskan bahwa ITB hanya akan menerima mahasiswa baru melalui 2 jalur, yaitu jalur SNMPTN dan SBMPTN. “ITB ingin menerima mahasiswa yang minat dan memang memprioritaskan ITB” tutur mindry

 

Menurut Mindry, ITB mengutamakan kualitas mahasiswanya sedingga tidak akan mengadakan Seleksi Mandiri. dari kuota awal yang diberikan pemerintah tentang penerimaan mahasiswa baru yaitu minimal 50% dari SNMPTN dan minimal 30% dari SBMPTN, ITB mengambil titik tengahnya, yaitu 60% dari SNMPTN dan 40% dari SBMPTN.

 

Selain itu dalam acara yang sama dijelaskan bahwa seleksi SNMPTN untuk jurusan seni sudah di upgrade. Siswa-siswa calon mahasiswa baru yang berminat untuk masuk jurusan seni (jika di ITb berarti FSRD ITB) diwajibkan untuk membuat karya seni seperti lukisan, foto dan sejenisnya untuk kemudian diupload pada web SNMPTN 2013. Hasil karya seni tersebut nantinya akan diverivikasi dengan diadakan tes langsung oleh masing-masing PTN. Dengan adanya ketentuan ini, diharapkan mahasiswa yang terseleksi memang benar-benar mahasiswa terbaik untuk masuk ke jurusan seni.

 

Program Studi Baru di ITB 2013

 

Pada tahun 2013 ini, ITB akan kembali membuka program studi (prodi) baru. Setelah sebelumnya (pada tahun 2012) membuka prodi Rekayasa Pertanian dan Rekayasa Kehutanan di SITH, maka pada tahun 2013 akan dibuka 3 prodi baru, diantaranya :

1. Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air, FTSL

2. Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, FTSL

3. Kewirausahaan, SBM

Teman-teman yang berniat mendaftar pada prodi-prodi baru ini akan masuk dalam kategori seleksi beasiswa minat. Sehingga total akan dibuka 8 jurusan yang akan mendapat fasilitas beasiswa minat, dengan 5 prodi lainnya sama dengan tahun lalu. Program beasiswa minat ini kelak akan membebaskan mahasiswa yang lolos dari BPPM (*biaya awal masuk kuliah yang biasanya besar banget itu loh, hehe)

 

Beasiswa di ITB

 

Oiya, masih ada satu lagi nih yang mau saya share, yaitu Beasiswa (*nah .. pada pengen kan ^^). Untuk beasiswa2 di ITb teman2 bisa cek langsung ke link berikut ya :

1. Beasiswa ITB untuk Semua (BIUS) : http://www.itbuntuksemua.com/ dan http://www.youtube.com/watch?v=wZk7hdpJpRk
2. Beasiswa Bidik Misi : http://bidikmisi.dikti.go.id/portal/?p=336

3. Beasiswa Etos : http://www.beastudiindonesia.net/beastudi-etos/169-seleksi-beastudi-etos-2013

4. Beasiswa CT Foundation : http://pusatbeasiswa.com/beasiswa-full-biaya-hidup-sma-unggulan-ct-foundation-2/

*FYI : grade sesuai dengan fasilitas beasiswa yang diberikan. hehe ^^

 

Mungkin sekian dulu sharing-sharing dari saya. Jika ada yang ingin di diskusikan, silahkan langsung ditanyakan dibawah. Semoga bermanfaat 🙂

 

salam,

 

Fuad Assifa

Oseanografi iTB 2010

12910022

 

Advertisements