Tentang adab berdoa

image

Teringat akan kisah Nabi Musa ‘Alaihissalam yang berada dalam kondisi lelah, payah dan kelaparan setelah berlari dari sekelompok orang utusan Fir’aun yang hendak membunuhnya. Setelah jauh ia berlari, sampailah ia di suatu mata air.

Di negeri itu (yang kini kita kenal bernama Madyan), Musa melihat orang berdesakan memberi minum ternak mereka. Sedangkan di satu sisi, ada gadis yang menahan hewan ternaknya agar tak ikut berebut minum. Tak bisa ikut berdesakan.

Meskipun diselimuti kelelahan yang amat sangat, Musa masih menawarkan bantuan kepada gadis tersebut. Karena itulah dirinya mendapat gelar lelaki perkasa. Ya, orang yang masih mau dan mampu menolong disaat dirinya sendiri memerlukan pertolongan adalah orang yang kuat.

Tanpa banyak bicara dan tanpa menunggu ucapan terima kasih, selapas menunaikan tugasnya Musa langsung berlalu dan beristirahat dibawah pohon. Didera rasa lelah yang membuat linu tulangnya dan rasa lapar yang mencekik lambungnya, Musa berdoa

“Rabbii innii lima anzalta ilayya min khairin faqiir. Duhai pencipta, pemelihara, pemberi rizqi, Pengatur urusan, dan Penguasaku, sesungguhnya aku diantara apa yang Kauturunkan diantara kebaikan, amat memerlukan.”

*****

Sesungguhnya meminta apapun, selama dalam hal kebaikan, tak terlarang disisi Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Bahkan kita dianjurkan untuk banyak meminta. Sebab yang tak pernah meminta kepada Allah akan tergolong pada sifat kesombongan.

“Kita dianjurkan untuk meminta kepada Allah” demikian Dr. ‘Umar Al-Muqbil menafsirkan doa Nabi Musa diatas.

Dalam kondisi tersebut, sebetulnya Musa hendak meminta makanan. Pantas baginya jika dia meminta imbalan makanan atas bantuan yang diberikannya kepada gadis penggembala yang telah ia bantu. Tapi tidak bagi Musa !

Dari kondisi dan doa diatas, musa mengajarkan kepada kita 3 hal. Pertama bahwa hanya Allah yang berhak diminta kedermawan-Nya, dirindu karunia-Nya, dan diharapkan balasan-Nya. Meminta kepada makhluk, yang diperoleh hanyalah kehinaan. Berharap kepada makhluk, yang diperoleh hanyalah kekecewaan.

Apapun permintaan kita, besar maupu kecil, berat maupun ringan, penting ataupun biasa saja, jadikan Allah satu-satunya tempat meminta, tempat bersandar, tempat berlindung, tempat berharap, tempat mengadu, dan tempat meminta pertolongan.

Kedua adalah tentang adab dalam berdoa. Bertatakrama kepada orang yang kita ajak bicara adalah satu hal yang memuliakan diri dan lawan bicara, terlebih bertatakrama kepada Allah dalam berdoa. Kalimat perintah dalam doa dibenarkan oleh para ulama atas hujjah dari Al-Quran dan sunnah. Namun contoh dari beberapa Nabi justru menunjukkan ada yang lebih ahsan dari soal benar tidak benar, yaitu soal layak dan tidak layak, yaitu soal patut dan tidak patut, itulah adab.

Itu pula yang dicontohkan Musa ‘Alaihisalam, dia tidak mengatakan dalam doanya “Ya Allah, berikan .. Ya Allah, turunkan .. Ya Allah, sediakan ..”. Musa menundukkan diri, dan melirih dalam hati “Ya Rabbi, penciptaku, penguasaku, penjamin rizqiku, pemeliharaku, pengatur segala urusanku, sungguh aku .. terhadap apa yang Kauturunkan diantara kebaikan, amat memerlukan”

Ketiga bahwa Allah dengan segala sifat-Nya yang sempurna lebih mengerti apa yang kita perlukan dan apa yang lebih baik bagi diri ini daripada indera yang sangat terbatas nalarnya. Musa mengajarkan bahwa berdoa bukanlah sarana memberitahu Allah tentang keinginan kita, sebab Dialah Maha Mengetahui. Berdoa adalah kesempatan berbincang mesra dengan Rabb yang Maha Menguasai segala sesuatu, agar Dia meridhai segala yang Dia limpahkan, segala yang Dia ambil, ataupun segala yang Dia simpan untuk kita.

*****

Berlanjut kisah Musa, melihat lelaki yang telah membantunya amat kelelahan, gadis tersebut mengundang Musa untuk berkunjung ke rumahnya. Menyabut undangan tersebut Musa menjawab .. “berjalanlah di belakangku, dan beri isyarat kemana arah yang kita tuju”. Sungguh sebuah sikap sangat menjaga .. baik pandangan maupun sikap berlebihan, terhadap wanita jelita yang asing ketika hendak berjalan berdua.

Sejak hari itu berubahlah hidup Musa. Dari seorang pelarian yang diselimuti ancaman kematian, di rumah bapak tua itu ia dijamu makan, diberi tempat tinggal, ditawari pekerjaan, hingga dinikahkan dengan putri bapak tersebut. Sampai akhirnya mendapat tugas kenabian.

*****

Musa meminta makanan dengan tata krama yang baik kepada Yang Maha Memberi. Musa meyakini bahwa apapun yang dikaruniakan Allah kepadanya adalah lebih baik dari semua dugaan dalam permohonannya. Hingga Allah memberikan kelimpahan karunia yang tak pernah terbayangkan oleh nalarnya.

“Aku tidak pernah mengkhawatirkan apakah doaku akan dikabulkan atau tidak.” Demikian ucap Umar ibn Al-Khathab.

“Sebab setiap kali Allah mengilhamkan hamba-Nya untuk berdoa, maka Dia sedang berkehendak untuk memberi karunia .. dan yang lebih aku khawatirkan adalah, jika aku tidak berdoa” lanjut Umar.

Betapa sering kita membutuhkan sesuatu, namun lupa melibatkan Allah dalam kebutuhan kita.

*****

“Takkan terasa manisnya kehambaan, hingga kita merasa bahwa bermesra dengan Allah dalam setiap doa adalah lebih penting dari diijabahnya doa tersebut.

Takkan terasa lezatnya ketaatan, hingga kita lebih mencintai Dia yang mengijabah doa kita, dibanding perwujudan dari diijabahnya doa tersebut.”

Salim A. Fillah

Banyuwangi – Lombok

Halaman ini berisi informasi seputar perjalanan Banyuwangi menuju Lombok pada bulan Juli 2013. Jika sahabat ingin membaca informasi perjalanan dari Jakarta/Bandung menuju Banyuwangi bisa dibaca disini. Semoga Bermanfaat.

opsi 1

1. 7.500 kapal feri pelabuhan ketapang, banyuwangi – pelabuhan gilimanuk, bali
2. 30.000 bus kota dari pelabuhan gilimanuk – terminal ubung, denpasar
3. 40.000 elf atau carter mobil dari terminal ubung, denpasar – pelabuhan padang bai
4. 40.000 kapal feri pelabuhan padang bai, bali – pelabuhan lembar, lombok

opsi 2

1. 7.500 kapal feri pelabuhan ketapang, banyuwangi – pelabuhan gilimanuk, bali
2. 70.000 bus kota dari pelabuhan gilimanuk – pelabuhan padang bai (info dr kernet bus lainnya)
3. 40.000 kapal feri pelabuhan padang bai, bali – pelabuhan lembar, lombok

Keterangan

– kapal feri banyuwangi – bali berangkat setiap jam. waktu penyebrangan sekitar 2 jam. (sebenernya hanya 1 jam, tp krn perpindahan waktu dari WIB ke WITA, jd tambah 1 jam)
– bus kota dari pelabuhan gilimanuk – terminal ubung, denpasar jalan setiap penumpang penuh. waktu tempuh sekitar 5 jam.
– bus kota dari pelabuhan gilimanuk – pelabuhan padang bai hanya ada dari jam 2 – jam 4 pagi WITA.
– elf atau carter mobil dari terminal ubung, denpasar – pelabuhan padang bai berangkat setiap penuh. waktu tempuh dengan carter mobil sekitar 2 jam. waktu tempuh dgn elf, saya tdk tahu.
– kapal feri pelabuhan padang bai, bali – pelabuhan lembar, lombok berangkat kira-kira 3 jam sekali. waktu penyebrangan sekitar 5-6 jam.

Saran

– ambil opsi 2 untuk perjalanan dari jakarta – banyuwangi.
– sampai di banyuwangi jam 8/9 malam, langsung aja naik feri yang ke gilimanuk, trs istirahat di pelabuhan gilimanuk.
– bangun jam 2 pagi, utk naik bus kota yg lsg ke pelabuhan padang bai.

Foto Perjalanan ..

Pelabuhan Ketapang

 

 

Kapal Feri

 

 

Rescue Boat

 

 

Pelabuhan Padang Bai

Jakarta/Bandung – Banyuwangi

Halaman ini berisi tentang data seputar perjalanan Jakarta/Bandung menuju Banyuwangi pada bulan Juli 2013. Semoga bermanfaat.

opsi 1

1. 100.000 kereta ekonomi AC bandung (st kiaracondong) – surabaya (st gubeng)
2. 8.000 angkutan kota kota dari st gubeng ke terminal purabaya
3. 50.000 bus dari surabaya – banyuwangi (term sri tanjung)

opsi 2

1. 90.000 kereta ekonomi AC jakarta – jogja
2. 90.000 kereta ekonomi AC jogja – banyuwangi

keterangan

untuk opsi 1, kereta berangkat dari bandung (st kiaracondong) jam 5.30 WIB dan sampai di surabaya (st gubeng) jam 20.05. dari st gubeng naik angkot ke terminal bratang (ongkos 4.000), dan dari terminal bratang naik bus kota ke terminal purabaya (ongkos 4.000). dari terminal purabaya lanjut naik bus ekonomi ke banyuwangi (ongkos 50.000, dapet nawar ke kernet. harga normal 65.000)

untuk opsi 2, kereta dari jakarta berangkat tengah malem, dan sampai di jogja sktr jam 8/9 pagi (ongkos 90.000). lanjut kereta dari jogja ke banyuwangi (ongkos 90.000) sampai di banyuwangi jam 8 malam.

saran

Bagi sahabat yang tidak ingin repot dan habis budget untuk mencari penginapan di Surabaya, saya sarankan untuk mengambil opsi 2. Kecuali ada tempat yg bisa menyediakan fasilitas tersebut secara gratis. hehe

Beberapa foto perjalanan ..

(Stasiun Gubeng)

 

(Terminal Bratang, Surabaya)

(Bus kota dari terminal bratang, ke terminal Bungurasih/Purabaya)

Bus jurusan Surabaya – Banyuwangi

Terminal Sri Tanjung, Banyuwangi

Pelabuhan Ketapang

Makna Ucapan (Dakwah) bagi Hasan al-Bashri

Gambar

 

“bukan hanya tetesan air biasa. ia membawa saripati pekat berisikan warna dan rasa yang siap untuk dibagikan kepada sekelilingnya”

 

“kisahnya, nama seorang da’i itu bukan hanya mulia di bumi, dihadapan penghuni bumi. namun ia, hidupnya .. beriring tasbih dari para malaikat yang senantiasa mendo’akan keselamatan baginya. hingga ia di alam akhirat, lagi-lagi bukan hanya manusia yang menjadi saksi akan amal kebaikannya .. namun malaikat suci itu jua turut memperjuangkan surga untuknya.”

 

Ada sebuah kisah indah tentang ulama besar Hasan al-Bashri. Pada jamannya ia dikenal sebagai da’I sejuta umat. Setiap kali ia berceramah dan menyampaikan satu materi maka bisa dipastikan keesokan harinya orang-orang akan langsung mempraktekan apa yag di sampaikan olehnya.

Hingga suatu hari datanglah serombongan hamba sahaya ke rumahnya dan memintanya untuk menyampaikan materi tentang keutamaan memerdekakan budak di hadapan para jama’ah. Mereka berharap setelah mendengar taujih dari Hasan al-Bashri para majikan mereka berkenan untuk membebaskan mereka.

Pada saat itu beliaupun mengatakan “insyaAllah ..”

Keesokan harinya tibalah waktunya Hasan Al-Bashri berceramah. Namun ada yang aneh, ya pada kesempatan itu beliau tidak menyampaikan materi seperti yang diminta oleh para hamba sahaya, materi tentang memerdekakan budak. Maka pada sore harinya merekapun kembali mendatangi rumah Hasan Al-Bashri dan menyampaikan permintaannya kembali.
 
Hal ini pun terus terulang hingga beberapa kali.

Sampai suatu hari, Hasan Al-Bashripun akhirnya menyampaikan ceramah dengan materi sesuai permintaan para hamba sahaya, yaitu tentang memerdekakan budak. Dan ternyata benar dugaan mereka, seusai mendengar ceramah Hasan Al-Bashri orang-orangpun beramai-ramai memerdekakan hamba sahaya yang mereka miliki.

 
Setelah kejadian tersebut, para hamba sahaya tadi pun kembali mendatangi Hasan Al-Bashri dan mengatakan “seandainya saja engkau menyampaikan materi itu dari kemarin-kemarin, maka kamipun tidak perlu menungu lama untuk menjadi manusia merdeka” 
 
Namun Hasan al-Bashri pun menjawab “sejak kemarin kalian memintaku untuk memerdekakan budak, sebenarnya aku belum pernah melakukan hal tersebut. aku pun berada dalam kondisi tidak memiliki budak untuk dimerdekakan saat itu. aku pun tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli budak dari orang lain. beberapa hari kemarin, aku menabung. dan tepat hari ini aku baru memiliki uang yang cukup untuk membeli budak, lalu memerdekakan nya, maka baru hari ini pula aku memiliki keberanian dan pengetahuan yang cukup untuk menyampaikan materi tersebut”.

Subhanallah… ternyata itulah kunci keberhasilan Hasan al-Bashri dalam berdakwah. ia selalu berupaya untuk memulai semua yang disampaikannya dari dirinya sendiri. Sehingga orang lainpun tak hanya mendengar perkataannya namun juga melihat perbuatannya.

 
“satu contoh yang utuh dan jelas, lebih mudah dimengerti daripada ratusan instruksi dan arahan kosong apalagi dengan bahasa yang rumit”
 
“strategi perang tsun zhu menempatkan bagian perencanaan dalam bab pembukanya. sekaligus menaruh point faktor moral (pemimpin) di bagian persiapan dasar pasukan”

Seleksi Masuk ITB 2013

Akhir-akhir ini muncul banyak pemberitaan yang unik dan menarik terkait sistem penerimaan mahasiswa baru di ITB untuk angkatan 2013.

 

komentar unik itu diantaranya :

“katanya masuknya cuma pake nilai UN ya ?”

“tahun ini ada jalur undangan nggak sih ?”

“katanya biaya masuk ITB jadi makin mahal ya ?”

“seleksinya double ya ? pake nilai rapot dan nilai tes ?”

dan komentar-komentar unik lainnya 🙂

 

Secara umum, sebenarnya pada sosialisasi SNMPTN 2013 yang dilaksanakan pada bulan Desember 2012 lalu, Mirdriany Syafila, Direktur Pendidikan ITB, Selaku anggota tim Ad Hoc sala kepanitiaan PMB Nasional, menjelaskan bahwa sistem penerimaan mahasiswa baru tahun 2013 akan terdiri dari tiga jalur, yaitu :

1. SNMPTN

2. SBMPTN

3. Seleksi Mandiri PTN

 

Coba kita bahas satu per satu ya 🙂

1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 memiliki sistem yang hampir sama dengan SNMPTN Undangan tahun 2012, hanya saja ada beberapa persyaratan tambahan, diantaranya adalah nilai rapor yang digunakan adalah nilai rapor semester 1-5. Sedangkan untuk program study seni dan olahraga diperlukan entry hasil karya dan presentasi yang diadakan oleh sekolah. Biaya pendaftaran untuk SNMPTN 2013 juga akan digratiskan, hal ini karena pemerintah sudah menyediakan anggaran untuk subsidi biaya pendaftaran peserta.

 

2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 merupakan seleksi ujian tulis yang dilakukan serentak oleh seluruh PTN di Indonesia. Jalur ini serupa dengan SNMPTN tulis pada tahun 2012. Peserta yang mendaftar melalui jalur ini akan dikenakan biaya pendaftaran yang akan diumumkan kemudian.

 

3. Seleksi Mandiri PTN

Dari namanya saja kita sudah bisa langsung mengetahui bahwa segala hal yang berkaitan dengan pendaftaran, bentuk tes (seleksi), biaya pendaftaran, dll adalah murni menjadi milik masing-masing PTN. Seleksi mandiri ini dilaksanakan pada periode yang paling akhir dari jalur penerimaan mahasiswa tahun 2013.

 

Nah .. secara umum saya ingin menyampaikan saran kepada teman2 SMA kelas 12, yaitu jangan langsung berharap untuk masuk PTN melalui jalur Seleksi Mandiri PTN. Pertama, dalam sejarahnya biaya masuk PTN melalui jalur Seleksi Mandiri itu selalu lebih mahal dari jalur lainnya (dalam hal ini SNMPTN dan SBMPTN). Kedua, kuota yang tersedia biasanya akan sangat sedikit, atau sudah jauh lebih sedikit dibanding kuota penerimaan dari jalur sebelumnya (dalam hal ini SNMPTN dan SBMPTN). Ketiga, alangkah baiknya teman-teman ingat lagi tentang “berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudaian.”. dalam hal ini, saya ingin sedikit membahas tentang ketenangan hati. Bayangkan jika sampai bulan Juni nanti teman-teman masih belum mendapat kepastian “nanti gw kuliah dimana ?”. hal itu pasti cukup menyiksa dan membebani fikiran teman-teman. disatu sisi teman-teman dituntut untuk bersiap dalam menghadapi berbagai tes, disisi lain fikiran teman-teman terbebani dengan hal tsb. Serius .. cape dah kalo teman-teman ada dalam kondisi itu.

 

Maka mari berjuang untuk bisa masuk PTN dengan jalur tercepat, jalur SNMPTN atau jalur SBMPTN ^^

 

Seleksi Masuk ITB

Pada kesempatan yang sama, Mindry menjelaskan bahwa ITB hanya akan menerima mahasiswa baru melalui 2 jalur, yaitu jalur SNMPTN dan SBMPTN. “ITB ingin menerima mahasiswa yang minat dan memang memprioritaskan ITB” tutur mindry

 

Menurut Mindry, ITB mengutamakan kualitas mahasiswanya sedingga tidak akan mengadakan Seleksi Mandiri. dari kuota awal yang diberikan pemerintah tentang penerimaan mahasiswa baru yaitu minimal 50% dari SNMPTN dan minimal 30% dari SBMPTN, ITB mengambil titik tengahnya, yaitu 60% dari SNMPTN dan 40% dari SBMPTN.

 

Selain itu dalam acara yang sama dijelaskan bahwa seleksi SNMPTN untuk jurusan seni sudah di upgrade. Siswa-siswa calon mahasiswa baru yang berminat untuk masuk jurusan seni (jika di ITb berarti FSRD ITB) diwajibkan untuk membuat karya seni seperti lukisan, foto dan sejenisnya untuk kemudian diupload pada web SNMPTN 2013. Hasil karya seni tersebut nantinya akan diverivikasi dengan diadakan tes langsung oleh masing-masing PTN. Dengan adanya ketentuan ini, diharapkan mahasiswa yang terseleksi memang benar-benar mahasiswa terbaik untuk masuk ke jurusan seni.

 

Program Studi Baru di ITB 2013

 

Pada tahun 2013 ini, ITB akan kembali membuka program studi (prodi) baru. Setelah sebelumnya (pada tahun 2012) membuka prodi Rekayasa Pertanian dan Rekayasa Kehutanan di SITH, maka pada tahun 2013 akan dibuka 3 prodi baru, diantaranya :

1. Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air, FTSL

2. Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, FTSL

3. Kewirausahaan, SBM

Teman-teman yang berniat mendaftar pada prodi-prodi baru ini akan masuk dalam kategori seleksi beasiswa minat. Sehingga total akan dibuka 8 jurusan yang akan mendapat fasilitas beasiswa minat, dengan 5 prodi lainnya sama dengan tahun lalu. Program beasiswa minat ini kelak akan membebaskan mahasiswa yang lolos dari BPPM (*biaya awal masuk kuliah yang biasanya besar banget itu loh, hehe)

 

Beasiswa di ITB

 

Oiya, masih ada satu lagi nih yang mau saya share, yaitu Beasiswa (*nah .. pada pengen kan ^^). Untuk beasiswa2 di ITb teman2 bisa cek langsung ke link berikut ya :

1. Beasiswa ITB untuk Semua (BIUS) : http://www.itbuntuksemua.com/ dan http://www.youtube.com/watch?v=wZk7hdpJpRk
2. Beasiswa Bidik Misi : http://bidikmisi.dikti.go.id/portal/?p=336

3. Beasiswa Etos : http://www.beastudiindonesia.net/beastudi-etos/169-seleksi-beastudi-etos-2013

4. Beasiswa CT Foundation : http://pusatbeasiswa.com/beasiswa-full-biaya-hidup-sma-unggulan-ct-foundation-2/

*FYI : grade sesuai dengan fasilitas beasiswa yang diberikan. hehe ^^

 

Mungkin sekian dulu sharing-sharing dari saya. Jika ada yang ingin di diskusikan, silahkan langsung ditanyakan dibawah. Semoga bermanfaat 🙂

 

salam,

 

Fuad Assifa

Oseanografi iTB 2010

12910022

 

Quick Facts about Muhammad Mursi

1. Minggu pertama, Moursi membebaskan wartawati Mesir yang ditahan di Sudan dan menjemputnya dengan pesawat kepresidenan.

2. Pemecatan 70 Jenderal dan Kudeta dengan Cinta pada Marsekal Thantawi dan Anan, Panglima dan wakil Panglima militer.

3. Penghapusan hutang 40.000 petani yang memiliki hutang di bawah 10.000 pounds (30 Juta) yang di masa Mubarak ditangkapi dan dijebloskan ke Penjara.

4. Investasi 270 Milyar dollar yang ditanam di Mesir, hanya dalam 1 bulan Moursi berkuasa.

5. Selama 100 hari ini, Moursi tidak menerima gaji selama menjadi Presiden.

6. Moursi mengembalikan izzah Mesir dengan menguasai gurun Sinai yang di masa Mobarak, 70 % lalulintas udara dan darat dikuasai Israel.

7. Moursi melakukan politik smart and cool dalam bersikap kepada Amerika dan Israel. Hingga PM Israel mengatakan, “Sikap Moursi jauh lebih berbahaya daripada Nuklirnya Iran”. Bahkan Obama menilai, “Hubungan AS dengan Mesir bukan hubungan sahabat bukan pula musuh.”

8. Penjualan khmar dilarang, dan itu tidak mengganggu pariwisata Mesir.

9. Penampilan di pantai dibatasi, hari Jumat diliburkan, dan turis wanita dan pria dipisahkan.

10. Militer Mesir memang the real power, tapi semua di bawah komando Panglima Tertinggi. Pada 2 bulan Moursi berkuasa, 2 kapal selam tercanggih Jermah berhasil didatangkan walau diprotes keras ISrael.

11. Kanal Suez diperlebar dan diperdalam, dan sekarang dikontrol sepenuhnya oleh Mesir setelah direktur Kanal Suez diganti yang sebelumnya didikte Barat.

12. PM Hiysam Qandil setiap Shubuh memeriksa pabrik roti dan turun ke bawah, atas intruksi Presiden Moursi hal yang hanya terjadi di masa Kenabian dan Khulafaur-Rasyidin.

13. Moursi mempelopori pemisahan kepentingan antara kepentingan pribadi+keluarga+partai dengan kepentingan negara. Saat diundang Raja Saudi, keluarga Moursi dengan uang pribadinya menggunakan pesawat Egypt Air tidak menggunakan pesawat kepresidenan.

14. Moursi adalah Presiden pertama dunia yang dengan tegas dan berani menekankan cinta Nabi dan cinta para sahabat di hadapan Khomanei dan pemimpin Syiah di Iran.

15. Jika patokannya adalah mengutip ayat Al-Qur’an dan Hadits, maka Moursi adalah Presiden pertama yang mengutip ayat-ayat AL-Quran dan Hadits di depan Sidang Umum PBB bulan lalu.

16. Jika patokannya adalah masalah protokoler, maka Moursi adalah Presiden yang membiarkan jalanan tetap lalu lalang saat ia melintas dan membiarkan masjid terbuka saat ia shalat.

17. Di Mesir, masjid saat ini dibuka 24 jam untuk kepentingan jamaah setelah di Era Mobarak, masjid-masjid di Mesir ditutup 1 jam setelah shalat wajib.

18. Di tataran regional, Moursi menggalang aliansi dengan Turki. Dalam benak kedua pemimpin ini, kehancuran Israel hanya tinggal waktu dan itu didahului dengan perubahan rezim-rezim antek2 AS baik di Teluk maupun di negara-negara TIMTENG lainnya.

19. Untuk masalah Palestina, tidak ada pemimpin yang nyata-nyata mendukung perjuangan perlawanan selain Moursi. Perbatasan dibuka, hanya dalam 1 minggu Moursi berkuasa dan kemarin dengan Qatar sukses membantuk Zona Ekonomi untuk membangun kembali Gaza.

Forum ini

Berkumpul di forum ini adalah suatu kebahagiaan besar. Karena orang-orang disini bukanlah orang-orang biasa. Mereka berani bermimpi besar dan mereka hidup dalam keindahan mimpinya sebagai pemimpin !

Ketika pembicara disini memberikan perintah : “ambil kertas, dan tulis ambisimu dalam 20 detik !” Tak sedikit orang yang dapat langsung menuliskan lebih dari 10 mimpinya di kertas itu.

dan ketika pembicara memerintahkan : “kamu, coba bacakan ambisi yang kamu tulis di kertasmu.” Aku kembali tersindir karena bukan hanya harapan terhadap diri sendiri yang tertulis disana, Namun justru harapan-harapan untuk bangsa yang ia tuliskan disana. Menjadi menteri, menjadi profesor, mempunyai panti asuhan terbesar se-Indonesia, dan mimpi besar lainnya.

***

Sesi ini berlanjut kepada pembacaan suatu kalimat : “Barang siapa menunjukkan suatu kebaikan maka ia mendapat pahala sebesar pahala orang yang mengerjakannya.” (Hr. Muslim)

Kulihat background slide saat itu terlihat pasukan al fatih .. dan seketika itupun aku tertegun. Berfikir bahwa betapa dahsyatnya nasihat perjuangan yang ia sampaikan lewat perjuangannya. Hingga setiap bait kisahnya menjadi peniup semangat kebaikan, semangat perjuangan, semangat membentuk diri bagi generasi setelahnya.

Mungkin itulah bentuk da’wah bil hikmah yang terbaik yang diajarkan oleh para tokoh-tokoh islam dimasa lalu.

***

Akhir-akhir ini sering muncul pertanyaan disekitar saya, “kenapa kita harus berorganisasi ?” , ” kenapa kita harus tergabung dalam satu kelompok, dalam satu entitas, dalam satu jamaah ?” , “kenapa harus Tarbiyah ?”

Dan alhamdulillah saya mendapat jawaban yang cukup, dari lingkaran kecil itu dan dari forum yang bernama tastqif ini. simak : http://www.mediafire.com/download.php?n9zstdw96twtd3w

Coba perhatikan gambar berikut ini :

Image

Saya yakin masing-masing kita memiliki potensi yang sangat besar untuk melakukan sesuatu, untuk ahli dalam bidang yang kita sukai, yang kita geluti sekarang ini. Dan saya sangat yakin bahwa prestasi tersebut dapat kita kembangkan dengan maksimal.

Namun muncul pertanyaan di kepala : kemana arah pergerakan semua potensi tersebut ? Sarana apa yang dapat membuat capaian-capaian prestasi itu menjadi terarah ?

Dan ketika kita berbicara arah, maka kita harus membicarakan sebuah sistem yang dapat mengarahkan. Dan di titik itulah, organisasi/himpunan/komunitas kita memberikan jawabannya ^^

Hingga kita dapat menyaksikan, bahwa kumpulan warna prestasi itu akan membentuk suatu perpaduan warna yang indah, bagai barisan warna pelangi yang saling berpadu, menjadikan warna lain terlihat lebih indah dengan keberadaannya. Menjadikan keseluruhan warna sebagai suatu simfoni yang indah ^^

Kajian ini akan berlanjut pada pemilihan bentuk organisasi yang layak untuk mengatur arah capaian prestasi-prestasi kita. Dan saya tahu bahwa ini bukan masalah yang mudah untuk dibahas disini. Masing-masing pribadi akan memiliki pendapat dan tanggapannya masing-masing.

Sedikit pesan saya, adalah suatu keniscayaan bahwa kita mengambil sistem yang dasar pergerakan sistem tsb adalah dasar yang menyeluruh. Tidak berfikir sempit terhadap peristiwa sejarah namun berfikir luas dalam menyikapi dan mengambil pelajaran darinya. Memiliki aturan yang jelas secara teknis dan taktis dalam pelaksanaannya.

Namun jika sahabat ingin berdiskusi, silahkan langsung dikoment disini ^^